Indonesian English

Berita STISIP

Banyak sekali Beasiswa Pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa atau dosen dalam rangka menunjang kebutuhan biaya pendidikan. Begitu mahal atau besarnya biaya pendidikan saat ini menyebabkan beberapa calon mahasiswa atau mahasiswa dan atau dosen yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi mengalami kendala. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerinta telah menyiapkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa kepada calon mahasiswa, mahasiswa, dan dosen yang ingin melanjutkan pendidikanya ke jenjang yang lebih tinggi.

W2016 4

Ketua STISIP Kebangsaan, Lodewyk Nahuway, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa, tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Oleh karen itu tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa jika tidak memenuhi persyaratan. Nahuway sangat mengharapkan adanya peningkatan penerima Beasiswa BIDIKMISI di tahun 2017 untuk mahasiswa STISIP Kebangsaan.

Beasiswa BIDIKMISI diterima langsung oleh mahasiswa melalui rekening masing-masing, untuk itu Nahuway berpesan agar nantinya penerima Beasiswa BIDIKMISI dapat memanfaatkan beasiswanya secara maksimal untuk kepentingan studi di STISIP Kebangsaan. Nahuway menambahkan, di tahun 2016 ini STISIP Kebangsaan mengusulkan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI untuk 12 orang calon mahasiswa kurang mampu dari Kemenristekdikti melalui Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. Untuk itu Nahuway berharap agar lulusan-lulusan SMA atau sederajat agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftarkan dirinya di STISIP Kebangsaan. (adminEP).

 

 

Masohi - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) diminta memberikan perhatian bagi  pertumbuhan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di kabupaten berjulukan Pamahanu Nusa ini, salah satunya STISIP Kebangsaan Masohi.

Hal ini penting, karena  Perguruan Tinggi baik itu swasta atau negeri, tentu sangat strategis dalam membangun kualitas SDM di Kabupaten Malteng.

Permintaan ini disampaikan Sekertaris Kopertis Wilayah XII Drs. M. Tapilatu, M.Si saat memberikan sambutan pada acara wisuda sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Politik dan ilmu Sosial (STISIP) Kebangsaan Masohi, yang digelar dalam Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dan dipusatkan di  gedung Mae Oku Masohi,Kamis (15/9).

Dia berharap, pesan tegas ini dapat mengugah Pemkab Malteng dalam memberikan perhatian bagi tumbuh dan kembangnya Perguruan Tinggi Swasta.

Dikatakan, tugas membangun SDM masyarakat saat ini adalah sesungguhnya adalah tugas pemerintah yang mengemban amanat rakyat. Olehnya jika ada Perguruan Tinggi Swasta di suatu wilayah kabupaten, maka seharusnya pemerintah tidak menutup mata dari mereka. Ini keliru jika Pemkab tidak membangun komunikasi yang baik dengan yayasan PTS yang ada di wilayahnya.

W2016 1

 

Sementara itu, Bupati Malteng, Tuasikal Abua dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Bahrum Kalauw, mengapresiasi wisuda ke 10 tahun akademik 2015-2016 STISIP Kebangsaan Masohi.

Bagi bupati,  STISIP telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan SDM di Kabupaten Malteng.

“Secara pribadi maupun pemerintah, saya mengapresiasi wisuda angkatan 10 STISIP Kebangsaan Masohi. Saya perlu menyampaikan penghargaan dan rasa terima kasih yang tinggi bagi yayasan, seluruh civitas akademik STISIP Kebangsaan Masohi, sebab telah memberikan kontribusi besar bagi pengembangan SDM di kabupaten tercinta ini,” katanya.

 

W2016 2

Bupati berharap,  STISIP kebangsaan terus eksis dari waktu ke waktu, agar dapat terus menorehkan prestasi akademik yang berkualitas, dalam mencetak lulusan terbaik bagi pertumbuhan SDM yang handal di masa sekarang dan di masa-masa akan datang.

Ketua STISIP Kebangsaan Masohi, L. Nahuway, S.Sos, M.Si dalam laporannya mengungkapkan, STISIP Kebangsaan Masohi menelorkan 28 sarjana Strata Satu (S1) yang terdiri dari, 11 orang jurusan Administrasi Negara, 7 orang jurusan Pemerintahan dan 10 orang jurusan Sosiologi.

Wisuda sarjana STISIP Kebangsaan Masohi kali ini, adalah wisuda angkatan X  dengan total lulusan dari angkatan pertama sampai dengan angkatan X sebanyak 390 sarjana.

W2016 4

 

“Ini adalah wisuda ke X, sehingga total lulusan yang telah ditelorkan, STISIP Kebangsaan berjumlah, 390 sarjana sosial, yang terbagi atas 3 jurusan yakni, jurusan Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan dan ilmu Sosiologi,” ujarnya.

Nahuway menegaskan, lulusan STISIP Kebangsaan Masohi sampai dengan tahun 2016 telah berhasil diterima diberbagai dunia kerja.

Kata dia, STISIP dalam aktivitasnya selalu mengedepankan nilai-nilai kebangsaan dengan tetap memperhatikan kualitas,baik itu kualitas dosen dan staf pengajar serta kualitas lulusan.

Senada dengan Nahuway, Ketua Yayasan Kebangsaan Tommy Resusun, S.Sos, M.Si menegaskan hal yang sama. Baginya STISIP Yayasan Kebangsaan yang dirintis dan didirikan oleh Almarhum Demianus Resusun akan tetap mengedepankan kualitas di segala bidang, dengan satu tujuan yakni, untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, salah satunya kehidupan generasi muda Kabupaten Malteng.

W2016 3

 

Dia mengkritisi sikap Pemkab Malteng yang kurang memperhatikan tumbuh dan kembangnya PTS yang ada di Malteng.

“Kami akui bahwa memang pemerintah tidak menutup mata terhadap perkembangan PTS di daerah ini. Namun kami perlu menegaskan, perhatian pemkab sejauh ini masih sangat minim dan jauh dari harapan, “katanya.

Banyak sekali Beasiswa Pendidikan yang diberikan oleh pemerintah kepada mahasiswa atau dosen dalam rangka menunjang kebutuhan biaya pendidikan. Begitu mahal atau besarnya biaya pendidikan saat ini menyebabkan beberapa calon mahasiswa atau mahasiswa dan atau dosen yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi mengalami kendala. Untuk mengatasi hal tersebut, pemerinta telah menyiapkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa kepada calon mahasiswa, mahasiswa, dan dosen yang ingin melanjutkan pendidikanya ke jenjang yang lebih tinggi.

Ketua STISIP Kebangsaan, Lodewyk Nahuway, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa untuk mendapatkan bantuan dana beasiswa, tentunya harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Oleh karen itu tidak semua orang bisa mendapatkan bantuan dana pendidikan atau beasiswa jika tidak memenuhi persyaratan. Hal ini disampaikan oleh Nahuway dalam Acara Penyerahan Beasiswa kepada 10 orang mahasiswa penerima beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) Tahun 2016. Beasiswa PPA merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai kemampuan akademik atau prestasi akademik yang unggul dan dibuktikan dengan nilai IPK. Sedangkan Beasiswa BBM diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi.

Beasiswa PPA dan BBM tersebut diberikan oleh Kemenristekdikti melalui Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. Untuk itu Nahuway dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara yang sejak tahun 2002 selalu memperhatikan proses belajar dan kelangsungan studi mahasiswa STISIP Kebangsaan melalui pemberian Beasiswa PPA dan BBM. Menurut Nahuway, pada tahun akademik 2015 kemarin, sebanyak 15 orang mahasiswa STISIP Kebangsaan memperoleh Beasiswa PPA dan BBM, dan di tahun 2016 ini sebanyak 10 orang.

Nahuway sangat mengharapkan adanya peningkatan penerima Beasiswa PPA dan BBM di tahun 2017 untuk mahasiswa STISIP Kebangsaan. Beasiswa PPA dan BBM diterima langsung oleh mahasiswa melalui rekening masing-masing, untuk itu Nahuway berpesan agar 10 orang penerima Beasiswa PPA dan BBM dapat memanfaatkan beasiswanya secara maksimal untuk kepentingan studi di STISIP Kebangsaan. Nahuway menambahkan, di tahun 2016 ini STISIP Kebangsaan mendapat Bantuan Biaya Pendidikan BIDIKMISI untuk 5 orang calon mahasiswa kurang mampu dari Kemenristekdikti melalui Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. Untuk itu Nahuway berharap agar lulusan-lulusan SMA atau sederajat agar dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendaftarkan dirinya di STISIP Kebangsaan.

Pelantikan9

Lodewyk Nahuway, S.Sos, M.Si juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Kebangsaan (T. R. Resusun, S.Sos, M.Si) yang selalu mendukung keberlangsungan perkuliahan mahasiswa melalui Program Bebas SPP kepada Calon Mahasiswa dan Mahasiswa STISIP Kebangsaan melalui kerja sama dengan beberapa negeri di Kabupaten Maluku Tengah.

Penerima Beasiswa PPA Nikodemus Kokorule, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara STISIP Kebangsaan dalam kesannya menyampaikan bahwa sangat senang dan merasa terbantu dengan Beasiswa PPA yang diterimanya guna melanjutkan studinya di STISIP Kebangsaan. Menurut Niko, ini adalah ketiga kalinya dia memperoleh Beasiswa PPA dari Kemenristekdikti melalui Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara via rekeningnya. Dalam kesannya, Niko mengajak teman-teman mahasiswa untuk terus serius dan tekun dalam proses pendidikan guna meningkatkan prestasi sehingga peluang-peluang beasiswa dapat juga dirasakan oleh teman-teman mahasiswa lainnya. (adminEP).

 

 

Status akreditasi suatu perguruan tinggi merupakan cermin kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan dan menggambarkan mutu, efisiensi, serta relevansi suatu program studi yang diselenggarakan. Mengacu pada Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (pasal 60 dan 61), Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang “Standar Pendidikan Nasional” (pasal 86, 87, dan 88), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 28 Tahun 2005 tentang Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi bahwa akreditasi merupakan angka mutlak bagi perguruan tinggi yang ingin tetap eksis di dunia pendidikan. Oleh karena itu, untuk menyikapi akreditasi yang sukses diperlukan persiapan-persiapan khusus.

Mengingat informasi dan pengetahuan yang berkaitan dengan akreditasi sangat penting bagi institusi pendidikan, maka diperlukan suatu kajian yang mendalam tentang bagaimana menyikapi akreditasi. Berdasarkan hal tersebut, Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara menyelenggarakan Bimtek Pengisian Borang Akreditasi Program Studi dan Institusi bagi PTS dalam wilayah Maluku dan Maluku Utara di Kota Masohi.

BimtekAk4

Koordinator Kopertis Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara, Dr. Z. Notanubun, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bimtek Pengisian Borang Program Studi dan Institusi ini diselenggarakan untuk membantu PTS dalam rangka pengusulan akreditasi atau pun reakreditasi. Diharapkan agar PTS dapat memaksimalkan kegiatan ini guna pengusulan untuk memperoleh nilai atau tingkatan akreditasi minimal B.

BimtekAk6

Koordinator Kopertis Wilayah XII menargetkan adanya peningkatan hasil atas nilai akreditasi program studi dan institusi di dalam wilayah XII sehingga semua program studi dan institusi terakreditasi minimal nilai B. Untuk itu melalui kegiatan bimtek ini maka terbuka peluang bagi PTS mengkonsultasikan dan sekaligus mempresentasikan borang masing-masing program studi dan institusi guna diperbaiki dalam kegiatan bimtek ini.

BimtekAk3

Ketua Program Studi Sosiologi STISIP Kebangsaan, Anike J. M. Manuputty, S.Sos, M.Si sebagai salah satu peserta menyampaikan terima kasih kepada Kopertis Wilayah XII yang telah menyelenggarakan kegiatan bimtek. Menurut Manuputty, terlaksananya kegiatan ini maka kami dari STISIP Kebangsaan dapat mengetahui beberapa kelemahan dan kekeliruan dalam pengisian borang program studi dan institusi yang telah di isi sebelumnya sehingga terbuka peluang untuk di revisi guna pengusulan reakreditasi program studi dan akreditasi institusi.

BimtekAk1

Dalam kegiatan ini, Kopertis XII menghadirkan Prof. Dr. Ir. Mursalim dari BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Materi yang disampaikan dan dipraktekan adalah Pengisian Borang Program Studi, Institusi, dan Evaluasi Diri. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (12 s/d 13 Agustus 2016) di Aula Hotel Isabella - Masohi dan diikuti oleh PTS dalam Wilayah XII Maluku dan Maluku Utara. (adminEP).

 

STISIP Kebangsaan melaksanakan Ujian Skripsi untuk 28 mahasiswa yang terbagi dalam 3 tahap pelaksanaan Ujian Skripsi dan terdiri dari mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Program Studi Ilmu Pemerintahan, dan Program Studi Sosiologi. Pembantu Ketua 1 Bidang Akademik, Harold Y. Pattiasina, S.Sos, M.Si dalam pembukaan Acara Pelaksanaan Ujian Skripsi menyatakan bahwa 28 mahasiswa peserta Ujian Skripsi telah melaksanakan segala tahapan kewajiban akademik guna menyelesaikan studinya pada STISIP Kebangsaan. Harold Y. Pattiasina, S.Sos, M.Si mengharapkan agar 28 peserta Ujian Skripsi mampu mempertanggungjawabkan tulisan penelitiannya guna menggapai gelar sarjana S1 STISIP Kebangsaan. Menurut Pattiasina ; Ujian Skripsi merupakan paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan atau fenomena dalam bidang Ilmu Administrasi Negara, Ilmu Pemerintahan, dan Sosiologi dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

DSC_0533.JPG - 5.83 MB

Harold Y. Pattiasina, S.Sos, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa skripsi bertujuan agar mahasiswa mampu menyusun dan menulis suatu karya ilmiah, sesuai dengan bidang ilmunya dan teknis penulisannya berdasarkan  Pedoman Penulisan Skripsi STISIP Kebangsaan. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi dianggap mampu memadukan pengetahuan dan keterampilannya dalam memahami, menganalisis, menggambarkan, dan menjelaskan masalah yang berhubungan dengan bidang keilmuan masing-masing mahasiswa setiap program studi. Pattiasina menegaskan bahwa mahasiswa yang hasil ujian skripsinya diterima dengan revisi, diwajibkan melakukan proses revisi sesuai dengan masukan dari Dosen Penguji guna menyempurnakan hasil penelitian masing-masing mahasiswa.

DSC_1022.JPG - 4.09 MB

Pattiasina dalam mengakhiri sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Dosen-Dosen Pembimbing dan Penguji dari FISIP Universitas Pattimura yang selama ini membantu STISIP Kebangsaan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, terutama dalam pelaksanaan Seminar Proposal Skripsi dan pelaksanaan Ujian Skripsi pada STISIP Kebangsaan. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Dosen-Dosen STISIP Kebangsaan yang telah memenuhi persyaratan akademik dan bertugas sebagai Pembimbing dan Penguji Skripsi bagi mahasiswa. (adminEP).

KONTAK STISIP KEBANGSAAN

Joomla forms builder by JoomlaShine

OUR SOCIAL CHANNEL

facebookicontwittericongoogle plus iconYouTube iconInstagram icon


Rekening:
STISIP KEBANGSAAN
No. Rek: 1001 005 707
Bank Maluku Cabang Masohi

PETA ALAMAT

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com