Indonesian English



PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

(Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN)

Pimpinan Program Studi Ilmu Administrasi Negara
Ketua : Drs. Langgolu, MM.
Sekretaris : M. Rumaratu, S.Sos., M.Si.

VISI

Visi dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara adalah :

Melaksananakan dan mengembangkan bidang pendidikan, penelitian serta pengabdian pada masyarakat dalam bidang Ilmu Administrasi Negara melalui pengembangan kemampuan dan kesanggupan berpikir secara ilmiah tentang Administrasi sebagai fenomena masyarakat moderen.

 
MISI

Misi dari Program Studi Ilmu Administrasi Negara adalah :
1.Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sarjana strata satu Administrasi dengan menyiapkan sumber daya yang memiliki kompetensi di bidang Ilmu Administrasi Negara.
2. Membentuk insan akademik yang beretika dan profesional dan mengembangkan suasana dan budaya akademik yang kondusif dan dinamis.
3. Membentuk peserta didik yang berbudi pekerti luhur, kreatif, dan produktif yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang berwawasan kebangsaan.
4. Menghasilkan lulusan yang mampu mengisi atau menciptakan lapangan kerja dan pasar tenaga kerja baru, dan pengembangan penelitian sosial dan sumber daya manusia.
5. Memperbaiki mutu sarana dan prasarana serta manajemen Program Studi secara berkelanjutan.    
6. Meningkatkan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan pihak lain.

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Ilmu Administrasi Negara adalah:
1. Memahami pengertian ilmu administrasi negara, konsep perencanaan dan permasalahannya, serta melaksanakan penelitian berdasarkan teori-teori Ilmu Administrasi negara.
2. Mahasiswa memahami kerangka pengambilan keputusan.
3. Memahami Pancasila dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial lainnya.
4. Memahami kebijakan publik dengan administrasi negara.
5. Memahami ruang lingkup administrasi pembangunan dan organisasi.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Visi dan Misi serta Tujuan Program Studi Ilmu Administrasi Negara di tujukan kepada sasaran lewat strategi :
1. Tercapainya pemahaman administrasi negara baik secara global maupun regional  serta pelaksanaan administrasi secara baik.
2. Tercapainya  pemahaman mahasiswa tentang ilmu administrasi dan proses yang ada didalamnya.
3. Tercapainya pemahaman dalam proses administrasi serta hubungan antar  manusia.
4. Tercapainya hubungan dan pemahaman antara administrasi secara umum dan tata usaha dalam pelaksanaan tugas.
5. Tercapainya pemahaman tentang konsep perencanaan dan pengendalian ruang lingkup kerja dalam oraganisasi.
6. Tercapainya pemahaman variabel-variabel ilmu administrasi  dalam pembangunan teori-teori dan faktor perubahannya : Sosial, kultural, lingkup dan usaha penanggulangannya
7. Tercapainya pemahaman pancasila dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial lainnya.
8. Tercapainya pemahaman dasar kehidupan bernegara secara demokrasi serta proses teradinya suatu pemerintahan  masyarakat.

SOSIALISASI

Sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi dilaksanakan melalui:

a. Ditulis di dalam Buku Pedoman Pendidikan STISIP Kebangsaan Masohi untuk dipergunakan oleh mahasiswa, tenaga akademik, serta tenaga pendidikan.
b. Dimuat dalam website resmi STISIP Kebangsaan Masohi ( www.stisipkebangsaanmasohi.ac.id )
c. Didokumentasikan di dalam Dokumen Visi, Misi, Tujuan Program Studi.
d. Disosialisasikan melalui pembuatan Leaflet Visi, Misi, Tujuan yang disebarkan kepada pihak-pihak stakeholders, melalui media spanduk, baleho, kalender, dan lain sebagainya.

KEPEMIMPINAN

Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistik, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi. Dalam menjalankan fungsi kepemimpinan dikenal kepemimpinan operasional, kepemimpinan organisasi, dan kepemimpinan publik.  Kepemimpinan operasional berkaitan dengan kemampuan menjabarkan visi, misi ke dalam kegiatan operasional program studi.  

Kepemimpinan organisasi berkaitan dengan pemahaman tata kerja antar unit dalam organisasi perguruan tinggi.  Kepemimpinan publik berkaitan dengan kemampuan menjalin kerjasama dan menjadi rujukan bagi publik.

Penyelenggaraan program studi dipimpn oleh ketua program studi.  Ketua program studi bertanggung jawab kepada pimpinan satuan pelaksana akademik yang membawahinya, ketua program studi diangkat dan diberhentikan oleh ketua sekolah tinggi atas usul senat program studi.  

Syarat-syarat bagi jabatan ketua program studi ditetapkan oleh ketua dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, ketua program studi diangkat untuk masa jabatan tiga tahun dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari masa jabatan berturut-turut.

Senat Program Studi merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di lingkungan Program Studi yang memiliki wewenang untuk menjabarkan kebijakan dan peraturan STISIP Kebangsaan untuk Program Studi yang bersangkutan.

Tugas pokok senat Program Studi adalah :
a. Merumuskan kebijakan akademik Program Studi yang selaras dengan kebijakan STISIP
b. Merumuskan kebijakan penelitian prestasi akademik, dan kecakapan serta kepribadian dosen
c. Merumuskan norma dan tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan Program Studi Ilmu Administrasi Negara
d. Menilai LPJ pimpinan  Program Studi atas pelaksanaan kebijakan Akademik yang ditetapkan oleh senat bersama dengan pimpinan Program Studi.
e. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan sekolah mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi pimpinan Program Studi.
f. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan Program Studi dalam pengusulan semua jabatan fungsional akademik dosen.

Senat Program Studi terdiri atas Pimpinan Program Studi,dan wakil dosen tetap yang telah memiliki kepangkatan akademik. Senat Program Studi dipimpin oleh ketua Program Studi yang dibantu oleh seorang Sekretaris yang dipilih diantara anggotanya.

SISTEM PENGELOLAAN

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling dalam kegiatan  internal maupun eksternal.

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Program Studi Ilmu Administrasi Negara menggunakan pendekatan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, staffing, leading dan controlling.

Program Studi Ilmu Administrasi Negara melakukan fungsi planning terkait dengan kegiatan perumusan visi, misi, dan tujuan serta sasaran yang terukur dan realistis untuk dicapai. Berdasarkan hal tersebut, dibuat program kerja Program Studi Ilmu Administrasi Negara yang didiskusikan dengan seluruh tenaga akademik dalam rapat Program Studi.

Program kerja Program Studi Ilmu Administrasi Negara tersebut diintegrasikan dalam program kerja tahunan STISIP Kebangsaan Masohi melalui mekanisme Rapat Pimpinan.

Perencanaan-perencanan yang bersifat operasional dan teknis dilakukan Program Studi Ilmu Administrasi Negara dengan menggunakan mekanisme rapat Program Studi yang terjadwal, sebagai contoh rapat tiap awal semester yang dilakukan untuk merencanakan kegiatan akademis pada semester yang bersangkutan, seperti penentuan mata kuliah yang diampuh oleh masing-masing tenaga akademik.

Kualitas atau mutu perencanaan Program Studi dipantau oleh Lembaga Penjaminan Mutu Akademik (Unit Jaminan Mutu/UJM) yang terpusat dalam kordinasi Sekolah Tinggi. Tenaga akademik dan tenaga kependidikan merupakan unsur yang harus dikelola dengan baik agar memiliki profesionalisme dalam melaksanakan kewajibannya.

Untuk mendapatkan tenaga akademik yang relevan dengan kebutuhan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dilakukan proses rekruitmen oleh pihak Sekolah dengan mempertimbangkan spesifikasi yang dibutuhkan Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Spesifikasi tersebut antara lain bahwa pelamar tenaga akademik harus mempunyai jenjang pendidikan minimal Strata 2 (S2) dan dari disiplin ilmu yang relevan. Upaya ini dimaksudkan agar pengembangan tenaga akademik dapat dilakukan secara lebih optimal. Pengembangan tenaga akademik dilakukan baik melalui pendidikan formal, maupun non-formal seperti mengikuti berbagai workshop, pelatihan dan seminar.

Pengelolaan tenaga akademik terkait dengan proses pembelajaran dilakukan dengan cara memberi kesempatan kepada tenaga akademik untuk memilih bidang keahlian dan konsentrasinya masing-masing. Selanjutnya berdasarkan bidang keahlian dan konsentrasi, Program Studi Ilmu Administrasi Negara menentukan mata kuliah yang akan diampu di tiap-tiap semester.

Fungsi kepemimpinan dilakukan Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Administrasi Negara untuk mengarahkan, memberikan motivasi, dan melakukan komunikasi kepada seluruh anggota Program Studi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan Program Studi untuk mencapai visi, misi, sasaran, dan tujuan Program Studi Ilmu Administrasi Negara.

Aktivitas pengarahan dan motivasi dilakukan melalui antara lain memberikan ketauladanan dan penegakan reward and punishment seperti pemberian penghargaan bagi tenaga akademik yang berprestasi dan memberi peringatan kepada tenaga akademik yang kinerjanya belum optimal untuk memotivasi tenaga akademik untuk meningkatkan prestasinya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Fungsi komunikasi dilaksanakan secara formal melalui rapat-rapat rutin jurusan Program Studi Ilmu Administrasi Negara sedangkan fungsi pengendalian dilakukan dengan cara memantau sebelum, selama, dan setelah kegiatan bagi semua program kerja Program Studi.

Pemantauan (sebelum, selama, dan setelah) kegiatan dilakukan dengan cara memberikan manual prosedur bagi setiap kegiatan, mencocokkan kesesuaian antara pelaksanaan dengan manual prosedur, dan mengevaluasi hasil akhir. Pemantauan juga dilakukan dengan melihat beban kerja baik untuk tenaga akademik maupun tenaga kependidikan yang diperkirakan dapat dilaksanakan agar pekerjaan tersebut dilaksanakan dengan motivasi tinggi, yang pada akhirnya akan berdampak pada kinerja tenaga akademik, tenaga kependidikan, dan kepuasan mahasiswa.

PENJAMINAN MUTU

Penjaminan Mutu pada aras Program Studi senantiasa mendapat bimbingan teknis dari Badan Penjaminan Mutu STISIP Kebangsaan-Masohi. Pelaksanaan  penjaminan mutu pada tingkat Program Studi dilakukan oleh Tim Penjamin Mutu Akademik Tingkat Program Studi.

Hal-hal yang menjadi fokus penjaminan mutu antara lain kurikulum dan perangkatnya, kelengkapan sarana dan prasarana, proses perkuliahan, rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  mahasiswa yang lulus, masa penyusunan skripsi, serta masa studi lulusan.


Badan Penjaminan Mutu STISIP Kebangsaan-Masohi bersama-sama Tim Penjaminan Mutu Akademik Tingkat Program Studi melaksanakan audit internal dalam rangka peningkatan kualitas kelembagaan maupun lulusan dan persiapan akreditasi Program Studi.


Dampak proses penjaminan mutu pada PS Ilmu Administrasi Negara telah dapat menunjukkan hasil yang cukup baik meskipun Badan Penjaminan Mutu baik pada aras Sekolah Tinggi maupun Program Studi baru dibentuk pada tahun 2009. Dampak dari proses tersebut antara lain adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan evaluasi semesteran yang dilaksanakan pada aras Program Studi hingga Sekolah Tinggi.

Evaluasi yang dilaksanakan secara rutin sesuai kalender akademik, berdampak pada kedisiplinan dosen maupun mahasiswa dalam melakukan proses perkuliahan. Penggunaan media baru (LCD) dalam proses perkuliahan sangat mempermudah dosen dan mahasiswa dalam melakukan transfer ilmu pengetahuan terhadap mahasiswa

UMPAN BALIK

Umpan Balik dari Isi Umpan Balik Tindak Lanjut
(1) (2) (3)

Dosen

Mengenai proses belajar mengajar, system reward dan lain-lain Program studi Ilmu Administrasi Negara mengusulkan adanya perbaikan rewad kepada sekolah tinggi

Mahasiswa

Mengenai proses belajar mengajar di dalam kelas perkuliahan dan proses bimbingan Program studi Ilmu Administrasi Negara menyampaikan kepada dosen dalam rapat evaluasi awal dan akhir semester

Alumni

Mengenai proses belajar mengajar dan hubungan dengan alumni Program studi Ilmu Administrasi Negara menyampaikan kepada pimpinan sekolah tinggi dalam rapat bersama

Pengguna lulusan

Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan alumni pada instansi mereka Meningkatkan soft skill, baik dalam perkuliahan maupun melalui pelatihan kepada mahasiswa


KEBERLANJUTAN

a. Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa :

Program studi Ilmu Administrasi Negara bersama-sama dengan program studi lain di STISIP Kebangsaan lain mengadakan promosi program studi Ilmu Administrasi Negara dengan menampilkan profilnya di situs sekolah tinggi.  Media yang digunakan untuk promosi berupa brosur serta website.  

Selain itu juga disosialisasikan melalui berbagai kegiatan jaringan yang digunakan oleh dosen, baik melalui organisasi atau media massa.  

b. Upaya peningkatan mutu manajemen:

Peningkatan mutu manajemen pengelolaan program studi Ilmu Administrasi Negara, dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk tenaga akademik dan lokakarya manajemen pendidikan bagi pimpinan program studi ilmu administrasi negara.

c. Upaya untuk peningkatan mutu lulusan:

Beberapa upaya yang telah dilakukan adalah :  pertama, program studi Ilmu Administrasi Negara telah menjamin hubungan dengan jurusan lain, baik dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hubungan interdisipliner telah dilakukan dengan fakultas lain meskipun masih bersifat hubungan personal dari tenaga akademik dalam melakukan penelitian bersama.   

Mengingat semakin ketatnya persaingan di pasar kerja karena semakin banyaknya lulusan program studi ilmu administrasi negara dari berbagai perguruan tinggi negeri, swasta, baik itu nasional dan lokal, maka program studi sosiologi STISIP Kebangsaan Masohi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi di pasar kerja.

d. Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan:

Program studi Ilmu Administrasi Negara selama ini telah melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai lewat kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, meskipun jumlah tenaga akademik yang terlibat dalam kegiatan tersebut masih belum maksimal.

e. Upaya dan prestasi memperoleh dana hibah kompetitif.

Program studi Ilmu Administrasi Negara pernah mencoba tetapi belum berhasil.  Secara personal juga pernah dicoba.

KURIKULUM

Perumusan kompetensi lulusan program studi ilmu administrasi negara STISIP Kebangsaan dilakukan pada saat perumusan proposal pendirian program studi ilmu administrasi negara bersama-sama dengan pengajuan proposal pendirian STISIP Kebangsaan.  

Berdasarkan hal tersebut, berhasil dirumuskan kompetensi lulusan program studi ilmu administrasi negara  (S1) sebagai berikut  :  

Kompetensi Utama :  Analisis administrasi, analisis manajemen, pekerja / aktivisi sosial, negosiator, fasilitator, akademisi, PNS pusat/daerah, anggota TNI dan POLRI (analisis kebijakan).

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

Kompetensi Pendukung: trainer, jurnalistik, konsultan administrasi / manajemen, juru bicara (spoke person).

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN LULUSAN

Kompetensi Lain   :  Guru (setelah ikut pendidikan Akta IV)

STRUKTUR KURIKULUM

Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) : 158   sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

sks

(1)

(2)

Mata Kuliah Wajib

149

Mata Kuliah Pilihan

9

Jumlah Total

158

 
DOWNLOAD STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA

KONTAK STISIP KEBANGSAAN

Joomla forms builder by JoomlaShine

OUR SOCIAL CHANNEL

facebookicontwittericongoogle plus iconYouTube iconInstagram icon


Rekening:
STISIP KEBANGSAAN
No. Rek: 1001 005 707
Bank Maluku Cabang Masohi

PETA ALAMAT

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com