Indonesian English



PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

(Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN)

Pimpinan Program Studi Ilmu Pemerintahan
Ketua : Telly Muriany, S.Sos., M.Si.
Sekretaris : M. Sopacuaperu, S.Sos.

VISI

Visi dari Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah :

Unggul dalam pendidikan tinggi pemerintahan, memiliki jiwa kepamongan dan peduli terhadap masyarakat serta berjiwa kebangsaan.

MISI

Misi dari Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah :
1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan sarjana strata satu Ilmu Pemerintahan dengan menyiapkan sumber daya yang memiliki kompetensi di bidang ilmu Pemerintahan.
2. Membentuk insan akademik yang beretika dan profesional dan mengembangkan suasana dan budaya akademik yang kondusif dan dinamis.
3. Membentuk peserta didik yang berbudi pekerti luhur, kreatif, dan produktif yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan memperkaya khasanah ilmu pengetahuan yang berwawasan kebangsaan.
4. Memperbaiki mutu sarana dan prasarana serta manajemen Program Studi secara berkelanjutan.
5. Meningkatkan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan pihak lain.

TUJUAN

Tujuan yang ingin dicapai oleh Program Studi Ilmu Pemerintahan adalah:
1. Memahami Pemerintahan baik itu global maupun regional serta hubungan antara keduanya.
2. Agar mahasiswa memahami Pemerintahan dan proses - proses yang terjadi didalamnya.
3. Memahami makna politik, kekuasaan, serta hubungan dengan manusia.
4. Memahami hubungan antar golongan dalam masyarakat, kekuasaan, dan kebudayaan.
5. Memahami konsep perencanaan dan pengendalian ruang lingkup perencanaan.
6. Memahami variabel-variabel ilmu pemerintahan dalam pembangunan, teori-teori dan faktor-faktor pembangunan, perubahan sosial kultural, kemiskinan dan usaha penanggulangannya.
7. Memahami Pancasila dan hubungannya dengan ilmu-ilmu sosial lainnya.
8. Memahami dasar-dasar kehidupan poltik dalam suatu negara demokrasi serta proses terjadinya suatu pemerintahan masyarakat.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Visi dan Misi serta Tujuan Program Studi Ilmu Pemerintahan di tujukan kepada sasaran lewat strategi :

1. Lulusan yang mempunyai kompetensi dibidang ilmu pemerintahan untuk berbagai bidang kerja terkait sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dengan spesifikasi capaian:
a. Lama masa studi yang dicapai mahasiswa maksimal 5 tahun
b. Indeks Prestasi Kumulatif lulusan minimal 3,00 dan meningkat 0,01 setiap tahunnya
c. Lulusan atau mahasiswa memiliki pengalaman melakukan penelitian, pengabdian masyarakat serta pernah bekerja di institusi/lembaga yang relevan dan mendukung peningkatan kompetensi

2. Terbangunnya jaringan kerja antara Program Studi Ilmu Pemerintahan lembaga pendidikan dengan pasar kerja.
a. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan instansi baik pemerintah maupun swasta.
b. Mempersiapkan penciptaan jaringan kerjasama P dengan alumni dalam rangka meningkatkan kerja sama sebagai sarana menguatkan akses kerjasama dengan mitra diluar kampus.

Strategi untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan, dilakukan dengan sebelumnya menyusun rencana pengembangan Program Studi Ilmu Pemerintahan, yakni:

1. Perubahan struktur organisasi Program Studi Ilmu Pemerintahan sebagai upaya persiapan untuk mempersiapkan segala hal dalam rangka meningkatkan kemampuan Program Studi.
2. Membentuk bidang penjaminan mutu dalam rangka peningkatan kualitas administrasi dan tenaga dosen.
3. Peningkatan kualitas pendidikan, keahlian, dan kepribadian dosen untuk meningkatkan mutu pelayanan dalam rangka pengembangan Program Studi.
4. Mempersiapkan dosen untuk studi lanjut tingkat Magister dan mengarahkan untuk pengambilan bidang sesuai dengan arah peminatan yang sudah ditetapkan.
5. Memberikan dorongan berupa intensif yang menarik bagi dosen yang hasil karyanya dimuat di media, baik media lokal, maupun nasional.
6. Melakukan diseminasi informasi dan pengembangan keilmuan yang telah dilakukan di Sekolah Tinggi dalam bentuk pelatihan-pelatihan keahlian dan konsultasi. Kegiatan ini bisa disinergikan dalam bentuk KKP.
7. Memberikan sanksi secara tegas kepada staf pengajar yang melakukan pelanggaran.

SOSIALISASI

Upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan Program Studi serta pemahaman civitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

Sosialisasi visi, misi dan tujuan Program Studi dilaksanakan melalui:
a. Ditulis di dalam Buku Pedoman Pendidikan Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk dipergunakan oleh mahasiswa, tenaga akademik, serta tenaga pendidikan.
b. Dimuat dalam website resmi STISIP Kebangsaan Masohi ( www.stisipkebangsaan.ac.id )
c. Didokumentasikan di dalam Dokumen Visi, Misi, Tujuan Program Studi.
d. Disosialisasikan melalui pembuatan Leaflet Visi, Misi, Tujuan yang disebarkan kepada pihak-pihak stakeholders, melalui media spanduk, baleho, kalender, dan lain sebagainya.

KEPEMIMPINAN

Mekanisme pemilihan Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi melibatkan seluruh tenaga pengajar sesuai dengan pola kepemimpinan yang demokratis dan partisipatif.

Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi dipilih dari tenaga pengajar yang memiliki kredibilitas sangat baik dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat operasional, organisasional dan yang berkaitan dengan stakeholders, misalnya kerjasama dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
 
Penyelengaraan Program Studi dipimpin oleh ketua dan Sekretaris Program Studi, ketua Program Studi bertanggung jawab kepada pimpinan sekolah tinggi sebagai pimpinan satuan pelaksanaan akademik yang membawahinya. Ketua dan Sekretaris Program Studi dianggkat dan diberhentikan oleh ketua sekolah tinggi atas usul senat Program Studi.

Syarat-syarat yang diperlukan untuk menjadi ketua dan sekretaris Program Studi dengan memperhatikan ketentuan perundangan yang berlaku. Ketua dan Sekretaris Program Studi diangkat untuk masa jabatan 4 tahun, dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 2 kali masa jabatan berturut-turut.
 
Senat Program Studi merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di lingkungan Program Studi yang memiliki wewenang untuk menjabarkan kebijakan dan peraturan STISIP Kebangsaan untuk Program Studi yang bersangkutan.

Tugas pokok senat Program Studi adalah :

a. merumuskan kebijakan akademik Program Studi yang selaras dengan kebijakan STISIP
b. merumuskan kebijakan penelitian prestasi akademik, dan kecakapan serta kepribadian dosen
c. merumuskan norma dan tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan Program Studi Ilmu Pemerintahan
d. menilai LPJ pimpinan  Program Studi atas pelaksanaan kebijakan Akademik yang ditetapkan oleh senat bersama dengan pimpinan Program Studi.
e. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan sekolah mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi pimpinan Program Studi.
f. Memberikan pertimbangan kepada pimpinan Program Studi dalam pengusulan semua jabatan fungsional akademik dosen.

Senat Program Studi terdiri atas Pimpinan Program Studi,dan wakil dosen tetap yang telah memiliki kepangkatan akademik. Senat Program Studi dipimpin oleh ketua Program Studi yang dibantu oleh seorang Sekretaris yang dipilih diantara anggotanya.

 

SISTEM PENGELOLAAN

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional program studi mencakup planning, organizing, staffing, leading, controlling dalam kegiatan  internal maupun eksternal.

Sistem pengelolaan fungsional dan operasional Program Studi Ilmu Pemerintahan menggunakan pendekatan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, staffing, leading dan controlling.

Program Studi Ilmu Pemerintahan melakukan fungsi planning terkait dengan kegiatan perumusan visi, misi, dan tujuan serta sasaran yang terukur dan realistis untuk dicapai. Berdasarkan hal tersebut, dibuat program kerja Program Studi Ilmu Pemerintahan yang didiskusikan dengan seluruh tenaga akademik dalam rapat Program Studi.

Program kerja Program Studi Ilmu Pemerintahan tersebut diintegrasikan dalam program kerja tahunan STISIP Kebangsaan Masohi melalui mekanisme Rapat Pimpinan.

Perencanaan-perencanan yang bersifat operasional dan teknis dilakukan Program Studi Ilmu Pemerintahan dengan menggunakan mekanisme rapat Program Studi yang terjadwal, sebagai contoh rapat tiap awal semester yang dilakukan untuk merencanakan kegiatan akademis pada semester yang bersangkutan, seperti penentuan mata kuliah yang diampuh oleh masing-masing tenaga akademik.

Kualitas atau mutu perencanaan Program Studi dipantau oleh Lembaga Penjaminan Mutu Akademik (Unit Jaminan Mutu/UJM) yang terpusat dalam kordinasi Sekolah Tinggi. Tenaga akademik dan tenaga kependidikan merupakan unsur yang harus dikelola dengan baik agar memiliki profesionalisme dalam melaksanakan kewajibannya.

Untuk mendapatkan tenaga akademik yang relevan dengan kebutuhan Program Studi Ilmu Pemerintahan, dilakukan proses rekruitmen oleh pihak Sekolah dengan mempertimbangkan spesifikasi yang dibutuhkan Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Spesifikasi tersebut antara lain bahwa pelamar tenaga akademik harus mempunyai jenjang pendidikan minimal Strata 2 (S2) dan dari disiplin ilmu yang relevan. Upaya ini dimaksudkan agar pengembangan tenaga akademik dapat dilakukan secara lebih optimal. Pengembangan tenaga akademik dilakukan baik melalui pendidikan formal, maupun non-formal seperti mengikuti berbagai workshop, pelatihan dan seminar.

Pengelolaan tenaga akademik terkait dengan proses pembelajaran dilakukan dengan cara memberi kesempatan kepada tenaga akademik untuk memilih bidang keahlian dan konsentrasinya masing-masing. Selanjutnya berdasarkan bidang keahlian dan konsentrasi, Program Studi Ilmu Pemerintahan menentukan mata kuliah yang akan diampu di tiap-tiap semester.

Fungsi kepemimpinan dilakukan Ketua dan Sekretaris Program Studi Ilmu Pemerintahan untuk mengarahkan, memberikan motivasi, dan melakukan komunikasi kepada seluruh anggota Program Studi dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan Program Studi untuk mencapai visi, misi, sasaran, dan tujuan Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Aktivitas pengarahan dan motivasi dilakukan melalui antara lain memberikan ketauladanan dan penegakan reward and punishment seperti pemberian penghargaan bagi tenaga akademik yang berprestasi dan memberi peringatan kepada tenaga akademik yang kinerjanya belum optimal untuk memotivasi tenaga akademik untuk meningkatkan prestasinya dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Fungsi komunikasi dilaksanakan secara formal melalui rapat-rapat rutin jurusan Program Studi Ilmu Pemerintahan sedangkan fungsi pengendalian dilakukan dengan cara memantau sebelum, selama, dan setelah kegiatan bagi semua program kerja Program Studi.

Pemantauan (sebelum, selama, dan setelah) kegiatan dilakukan dengan cara memberikan manual prosedur bagi setiap kegiatan, mencocokkan kesesuaian antara pelaksanaan dengan manual prosedur, dan mengevaluasi hasil akhir. Pemantauan juga dilakukan dengan melihat beban kerja baik untuk tenaga akademik maupun tenaga kependidikan yang diperkirakan dapat dilaksanakan agar pekerjaan tersebut dilaksanakan dengan motivasi tinggi, yang pada akhirnya akan berdampak pada kinerja tenaga akademik, tenaga kependidikan, dan kepuasan mahasiswa.

PENJAMINAN MUTU

Penjaminan Mutu pada aras Program Studi senantiasa mendapat bimbingan teknis dari Badan Penjaminan Mutu STISIP Kebangsaan-Masohi. Pelaksanaan  penjaminan mutu pada tingkat Program Studi dilakukan oleh Tim Penjamin Mutu Akademik Tingkat Program Studi.

Hal-hal yang menjadi fokus penjaminan mutu antara lain kurikulum dan perangkatnya, kelengkapan sarana dan prasarana, proses perkuliahan, rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)  mahasiswa yang lulus, masa penyusunan skripsi, serta masa studi lulusan.


Badan Penjaminan Mutu STISIP Kebangsaan-Masohi bersama-sama Tim Penjaminan Mutu Akademik Tingkat Program Studi melaksanakan audit internal dalam rangka peningkatan kualitas kelembagaan maupun lulusan dan persiapan akreditasi Program Studi.


Dampak proses penjaminan mutu pada PS Ilmu Pemerintahan telah dapat menunjukkan hasil yang cukup baik meskipun Badan Penjaminan Mutu baik pada aras Sekolah Tinggi maupun Program Studi baru dibentuk pada tahun 2009. Dampak dari proses tersebut antara lain adanya peningkatan kualitas proses pembelajaran dan evaluasi semesteran yang dilaksanakan pada aras Program Studi hingga Sekolah Tinggi.

Evaluasi yang dilaksanakan secara rutin sesuai kalender akademik, berdampak pada kedisiplinan dosen maupun mahasiswa dalam melakukan proses perkuliahan. Penggunaan media baru (LCD) dalam proses perkuliahan sangat mempermudah dosen dan mahasiswa dalam melakukan transfer ilmu pengetahuan terhadap mahasiswa

UMPAN BALIK

Umpan Balik dari Isi Umpan Balik Tindak Lanjut
(1) (2) (3)

Dosen

Mengenai proses belajar mengajar, system reward dan lain-lain Program studi Ilmu Pemerintahan mengusulkan adanya perbaikan rewad kepada sekolah tinggi

Mahasiswa

Mengenai proses belajar mengajar di dalam kelas perkuliahan dan proses bimbingan Program studi Ilmu Pemerintahan menyampaikan kepada dosen dalam rapat evaluasi awal dan akhir semester

Alumni

Mengenai proses belajar mengajar dan hubungan dengan alumni Program studi Ilmu Pemerintahan menyampaikan kepada pimpinan sekolah tinggi dalam rapat bersama

Pengguna lulusan

Informasi mengenai kelebihan dan kekurangan alumni pada instansi mereka Meningkatkan soft skill, baik dalam perkuliahan maupun melalui pelatihan kepada mahasiswa


KEBERLANJUTAN

a. Upaya untuk peningkatan animo calon mahasiswa :

Program studi Ilmu Pemerintahan bersama-sama dengan program studi lain di STISIP Kebangsaan lain mengadakan promosi program studi Ilmu Pemerintahan dengan menampilkan profilnya di situs sekolah tinggi.  Media yang digunakan untuk promosi berupa brosur serta website.  

Selain itu juga disosialisasikan melalui berbagai kegiatan jaringan yang digunakan oleh dosen, baik melalui organisasi atau media massa.  

b. Upaya peningkatan mutu manajemen:

Peningkatan mutu manajemen pengelolaan program studi Ilmu Pemerintahan, dilakukan dengan mengikuti berbagai pelatihan untuk tenaga akademik dan lokakarya manajemen pendidikan bagi pimpinan program studi ilmu Pemerintahan.

c. Upaya untuk peningkatan mutu lulusan:

Beberapa upaya yang telah dilakukan adalah :  pertama, program studi Ilmu Pemerintahan telah menjamin hubungan dengan jurusan lain, baik dalam hal pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Hubungan interdisipliner telah dilakukan dengan fakultas lain meskipun masih bersifat hubungan personal dari tenaga akademik dalam melakukan penelitian bersama.   

Mengingat semakin ketatnya persaingan di pasar kerja karena semakin banyaknya lulusan program studi ilmu Pmerintahan dari berbagai perguruan tinggi negeri, swasta, baik itu nasional dan lokal, maka program studi Ilmu Pemerintahan STISIP Kebangsaan Masohi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing tinggi di pasar kerja.

d. Upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan:

Program studi Ilmu Pemerintahan selama ini telah melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai lewat kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah, meskipun jumlah tenaga akademik yang terlibat dalam kegiatan tersebut masih belum maksimal.

e. Upaya dan prestasi memperoleh dana hibah kompetitif.

Program Studi pernah mencoba dan memperoleh hibah penelitian dosen dari Dirjen Dikti.

KURIKULUM

Kompetensi Lulusan Utama

Perumusan kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan STISIP Kebangsaan dilakukan pada saat perumusan proposal pendirian Program Studi Ilmu Pemerintahan bersama-sama dengan pengajuan proposal pendirian STISIP Kebangsaan. Berdasar hal tersebut, berhasil dirumuskan Kompetensi lulusan Program Studi Ilmu Politik (S1) sebagai berikut:

Kompetensi Utama: Analis pemerintahan, Analis kebijakan, praktisi politik, pekerja/aktivis sosial, Negosiator, akademisi Ilmu Politik, Governance relation officer, PNS pusat/daerah, Pekerja lembaga non-pemerintah internasional, Anggota TNI dan Polri (analis kebijakan).

KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

Kompetensi Pendukung: trainer, jurnalistik, konsultan administrasi / manajemen, juru bicara (spoke person), kolumnis.

KOMPETENSI LAINNYA/PILIHAN LULUSAN

Kompetensi Lain   :  Guru (setelah ikut pendidikan akta IV)

STRUKTUR KURIKULUM

Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) : 155 sks yang tersusun sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah

sks

(1)

(2)

Mata Kuliah Wajib

146

Mata Kuliah Pilihan

9

Jumlah Total

155

 
DOWNLOAD STRUKTUR KURIKULUM PROGRAM STUDI ILMU PEMERINTAHAN

KONTAK STISIP KEBANGSAAN

Joomla forms builder by JoomlaShine

OUR SOCIAL CHANNEL

facebookicontwittericongoogle plus iconYouTube iconInstagram icon


Rekening:
STISIP KEBANGSAAN
No. Rek: 1001 005 707
Bank Maluku Cabang Masohi

PETA ALAMAT

JSN Solid template designed by JoomlaShine.com